Jenis jenis obat asma generik yang harus Anda tahu

Posted on

obat asma generik –  Asma adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem pernapasan manusia khususnya pada bagian paru-paru yang biasanya terjadi dalam jangka waktu yang panjang. Untuk mengobati penyakit ini Anda memerlukan obat generik untuk sakit asma yang bekerja untuk mengatasi reaksi penyempitan pada saluran pernapasan saat terpapar oleh pemicu asma. Salah satu obat asma paten yang paling mudah di gunakan adalah obat dalam bentuk spray (semprot). Cara menggunakan obat asma semprot ini yaitu dengan menyemprotkan cairan obat ke dalam tenggorokan ketika sesak napas kambuh.

 Penyebab dan Gejala Penyakit Asma
Hingga saat ini belum diketahui secara pasti apa yang menyebabkan penyakit asma. Hal ini di karenakan asma bisa menjadi sangat berbeda secara spesifik pada setiap orang. Namun demikian penyebab seseorang yang menderita asma bisa di identifikasi dari beberapa faktor yang mempengaruhinya seperti :

  •     Faktor keturunan
  •     Riwayat terjangkit ISPA
  •     Mengalami infeksi virus pada saat bayi
  •     Memiliki kecenderungan alergi yang di sebut atopi
  •     Reaktif terhadap zat asing di udara (sepeti debu, polutan, asap rokok, ammonia, dan sebagainya)

Seseorang yang menderita asma akan mengalami gejala sebagai berikut :

  •     Batuk berkepanjangan
  •     Mengeluarkan suara seperti bersiul saat bernapas
  •     Sesak napas
  •     Rasa nyeri di dada

Obat Generik Untuk Sakit Asma
Pengobatan asma bisa di lakukan dengan memberikan obat yang bekerja sebagai anti alergi, pencegah peradangan, dan mengatasi penyempitan pada saluran pernapasan. Obat asma biasanya terbagi ke dalam beberapa jenis tergantung dari bentuk dan cara pemakaiannya. Beberapa obat asma di konsumsi dengan cara di makan (oral) dan ada pula yang di gunakan dengan cara di semprot.

Berikut ini kami berikan 5 referensi obat generik untuk sakit asma yang bisa Anda dapatkan di apotek :
1. Berotec

Obat semprot asma berotec adalah obat asma yang sudah sangat sering di gunakan untuk mengatasi gejala asma seperti sesak nafas, dan batuk berkepanjangan.

Berotec – Obat Generik Untuk Sakit Asma

    Komposisi: Fenoterol HBr
    Indikasi: Digunakan dalam melakukan terapi simtomatik sebagai pereda gejala asma, tidak dapat di gunakan sebagai obat utama untuk menyembuhkan asma.
    Dosis untuk pengobatan asma akut berikan 1 semprot, apabila sesudah 5 menit belum membaik maka bisa di berikan dosis ke 2. Penggunaan maksimal sebanyak 8 semprot/hari
    Kontra Indikasi: Takiaritmia dan kardiomiopati (obstruktif hipertrofik)
    Perhatian: Penggunaan pada pasien yang mengalami diabetes melitus tidak terkendali, penderita infark miokardial, penderita kelainan jantung, penderita kelainan pembuluh darah, riwayat hipertiroidismie, pengidap sesak nafas akut. Waspadai penggunaan pada wanita hamil trisemester pertama, ibu menyusui. Dalam penggunaan untuk jangka panjang harus di bawah pengawasan dokter atau tenaga medis lain dengan penambahan obat-obatan anti radang. Lakukan monitoring kadar kalium dalam darah pada saat penggunaan jangka panjang.
    Efek Samping: Dapat menimbulkan rasa gugup, efek gemetar pada oto rangka, mengalami rasa pusing, dada berdebar yang di sertai dengan sakit kepala, perut terasa mual yang di sertai muntah, mengeluarkan keringat berlebih, gejala mialgia, kram otot, dan hipokalemia. Penggunaan obat juga dapat menyebabkan lemas otot dan penurunan fungsi motorik.
    Interaksi Obat: Merupakan adrenergik yang bersifat antikolinergik pada derivat xantin yang dapat mempertinggi efek barotec. Berpotensi menurunkan efek obat jika di lakukan penggunaan bersama dengan senyawa I2-bloker. Penggunaan obat bersama dengan obat penghamnbat mono amin oksidase atau MAOI harus mendapatkan pengawasan ketat dari dokter atau tenaga medis lain. Proses inhalasi dari anestesi hidrokarbon yang terhalogenasi sangat berpeluang menimbulkan kerentanan sistem ketahanan kardiovaskular .
    Kemasan: Inhaler (semprot)

2. Lasmalin

Nama obat asma di apotik yang berikutnya yaitu Lasmalin. Obat generik untk sakit asma ini merupakan obat dalam bentuk tablet yang bisa di gunakan untuk mengatasi efek sesak nafas kambuhan pada penderita asma kronik. Selain asma obat ini juga biasa di gunakan pada terapi penyembuhan penderita bronkitis akut.

Lasmalin – Obat Generik Untuk Sakit Asma

    Komposisi: Terbutaline sulfate
    Indikasi: Untuk mengobati asma, baik dari jenis asma bronchial maupun asma kronik, mengobati bronkitis kronik dan emfisema dapat pula di gunakan dalam pengobatan penyakit paru-paru jenis lain yang di sertai dengan komplikasi bronkospasme dan peradangan.
    Dosis: Untuk dewasa berikan pengobatan 2-3 kali sehari sebanyak 1-2 tablet, Untuk anak berikan 2-3 kali sehari sebanyak 1 tablet
    Penyajian: Obat ini dapat di konsumsi sesudah makan atau sebelum makan
    Cara Penyimpanan: Simpan di tempat bersuhu kamar, kering, tidak lembab, dan terhindar dari panas matahari.
    Perhatian: Obat ini tidak boleh di konsumsi bersama dengan obat beta adrenoreseptor bloker dan obat simpatomimetik lain.
    Efek Samping: Dapat menimbulkan tremor, mual, dan palpitasi
    Kemasan: 10 Tablet / Strip

3. Asmasolon

Obat generik untuk sakit asma yang berikutnya yaitu Asmasolon. Obat dalam bentuk tablet ini digunakan untuk membantu penderita asma dalam meringankan sesak nafas, peradangan pada bronkitis serta gangguan pada sistem pernafasan lainnya.

Asmasolon – Obat Generik Untuk Sakit Asma

    Komposisi: Mengandung theophylline anhydrous 130 mg dan Ephedrine HCl 12.5 mg
    Indikasi: Untuk mengobati asma baik dari golongan bronkitis asmatik dan asma bronkial lain, bronkhospasme dan efisema, bronkitis kronis, dan penyakit asma akibat alergi (rinitis)
    Dosis Untuk dewasa berikan 3-4 x/hari sebanyak 1-2 tablet. Untuk anak berikan 2 x/hari sebanyak ½-1 tablet..
    Penyajian: Obat dapat di konsumsi bersama dengan makanan apabila pada pemberian sebelumnya di rasakan gejala tidak enak pada perut, mual atau muntah.
    Perhatian: Penggunaan pada penderita gangguan ginjal dan fungsi hati, penggunaan pada penderita kekurangan kadar oksigen (hipoksemia). Tidak di anjurkan untuk di gunakan pada wanita hamil dan ibu menyusui, anak-anak dan lansia.
    Efek Samping: Dapat menimbulkan sakit kepala, aritmia, gejala ventricular, rasa mual pada perut, muntah, dan sulit tidur.
    Kemasan: 1 Strip

4. Bricasma

Bricasma merupakan salah satu jenis obat generik untuk sakit asma dari golongan bronkodilator yang dapat di gunakan untuk mengobati gejala sesak nafas pada penderita asma akut dan kronik.

Bricasma – Obat Generik Untuk Sakit Asma

    Komposisi: terbutaline sulfate 2.5mg
    Indikasi: mengobati asma, meredakan gejala sesak nafas.
    Dosis: berikan 2-3 kali sebanyak 1 tablet/hari.
    Penyajian: Obat harus di konsumsi setelah makan
    Perhatian: Waspada penggunaan pada penderita hipersensitif terhadap terbutaline sulfate
    Efek Samping: Menimbulkan kram otot, mual, jantung berdebar, dan palpitasi.
    Kemasan: 10 Tablet / Strip

5. Seretide

Seretide adalah nama obat sesak nafas semprot yang bekerja sebagai obat inhalasi bagi penderita asma. Obat generik untuk sakit asma ini di gunakan dengan cara di semprot setiap kali gejala asma kambuh.

Seretide – Obat Generik Untuk Sakit Asma

    Komposisi: Mengandung flutikason propionat 50 mcg dan salmeterol sinapoat 25 mg
    Indikasi: Meredakan gejala asma seperti sesak nafas. Dapat juga di gunakan untuk terapi rutin.
    Dosis: Untuk anak di atas 2 tahun berikan 2 semprotan sebanyak 2 kali/hari
    Penyajian: Di semprot langsung ke dalam tenggorokan
    Efek Samping: Dapat menimbulkan iritasi pada mulut dan tenggorokan, pemicu jamur, serak, keram pada otot, dan memicu sakit kepala
    Kemasan: 1 Pcs

sumber artikel : https://obatantibiotik.com/obat-generik-untuk-sakit-asma/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *