Inilah Kandungan dan Manfaat Jagung Untuk Kesehatan Anda

Posted on
Manfaat Jagung – Sudah menjadi rahasia umum jika Jagung memiliki kandungan gizi yang sangat bagus untuk kesehatan tubuh manusia. Jagung umumnya dimanfaatkan untuk dijadikan sebagai bahan makanan seperti Nasi Jagung, Pelas Jagung, dan juga biasa direbus maupun dibakar. Dan perlu anda tahu, sebagian masyarakat Indonesia biasa mengkonsumsi Jagung untuk dijadikan makanan pokok. Hal tersebut bisa ditemukan di berbagai wilayah Pulau Jawa khususnya saat musim kemarau tiba. 
Jagung memiliki kandungan gizi yang sangatlah banyak. Dan semua kandungan tersebut bagus untuk kesehatan tubuh. Apa saja kandungan dan manfaat Jagung tersebut? Silahkan simak ulasan berikut : 
1. Melawan Kanker
Jagung kaya kandungan asam fenolik dan senyawa ferulic, yaitu zat anti kanker yang sudah dapat dibuktikan efisiensinya memerangi sel tumor yang ada pada kanker payudara serta kanker hati.
2. Kaya Akan Asam Linoleat
Asam linoleat yaitu asam lemak esensial yang miliki sifat tidak jenuh serta sangatlah baik untuk kesehatan. Asam linoleat dibutuhkan untuk asupan serta transportasi vitamin D dalam tubuh.
3. Menghindarkan Anemia Dan Juga sebagai sistem Kekebalan Tubuh
Vitamin B12 yang terkandung pada jagung dapat menghindarkan anemia yang dikarenakan oleh kekurangan vitamin ini. Tidak hanya itu kandungan Vitamin B2-nya jugaberperan menjaga keseimbangan sel tubuh.
4. Kaya Kandungan Asam Pentotenat
Vitamin B5 atau Asam Pentotenat yang ada pada jagung berperan dalam sistem metabolisme tubuh, yaitu merubah karbohidrat, protein serta lemak untuk dijadikan sumber energi.
5. Sumber Beta-Karoten,
Kandungan Beta-Karoten pada jagung dibutuhkan untuk membentuk vitamin A pada tubuh,utama untuk kesehatan mata serta kulit.
6. Kaya Akan Asam Folat
Ibu hamil perlu sekali asam folat. Lantaran bila kekurangan asam folat, dapat memengaruhi perkembangan janin. Asam folat menghindarkan bayi dari kekurangan berat tubuh serta cacat lahir. Tidak hanya itu mengkonsumsi jagung pada ibu hamil dapat juga membuat lancar ASI.
7. Sumber Kalium
Kalium berfungsi penting sebagai elektrolit yang dapatmembantu mengatur tingkat cairan serta melindungi keseimbangan air pada tubuh,makanya organ tubuh bisa berfungsi dengan tepat. Kandungan Kalium berbentuk diuretik yang dapat memperlancar pembuangan air seni, dapat menangani infeksi saluran kemih, mengurangikandungan asam urat serta menghindarkan batu ginjal.
8. Sumber Vitamin C
Mengkonsumsi minyak kulit jagung bisa turunkan cholesterol jahat  pada tubuh. Vitamin C, bioflavinoids dan karotenoid yang terdapat dalam jagung manis dapatmemelihara jantung agartetap sehat dengan mengatur kandungan cholesterol serta meningkatkan aliran darah pada tubuh.
9. Sumber Serat
Jagung merupakan sumber serat yang sangatlah baik,makanya sehat untuk system pencernaan. Dalam 1 gelas cangkir jagung memiliki kandungan 18, 4% serat dari jumlah harian yang diperlukan oleh tubuh. Lantaran kaya serat, makan jagung bisa menghindarkan sembelit, wasir serta resiko kanker usus besar. Tidak hanya itu, serat kasar yang terkandung pada jagung akan memberikan rasa kenyang yang lebih lama hingga pas untuk yang mau turunkan berat tubuh.
10. Sumber Mineral
Jagu merupakan sumber mineral penting, khususnya fosfor yang sangatlah penting untuk kesehatan tulang serta gigi. Tidak hanya itu, jagung juga sumber magnesium, mangan, seng, zat besi,dan tembaga. Magnesium membantu memelihara kesehatan jantung.
Sumber kalori paling tinggi dalam grup sereal yang rendah gula serta kandungan Indeks Glikemiknya. Hingga baik untuk dikonsumsi juga sebagai makanan pokok pengganti nasi atau beras., terlebih pada pasien diabetes dan juga hipertensi.
11. Sumber Protein
Dalam 100 gram jagung memiliki kandungan 9, 2gram protein. Protein dapat membantu membuat jaringan otot baru serta dapat meningkatkan kerja sel pada tubuh.Tidak hanya itu protein juga dapatmeningkatkan system kekebalan dalamtubuh dan jugameningkatkan proses pelepasan insulin.
12. Kaya Kandungan Pigmen Fenolik Flavonoid
Pigmen ini memiliki warna kuning. Mengkonsumsi makanan alami yang kaya flavonoid seperti Jagung dapatmembantu menghindarkan dari penyakit kanker paru-paru dan juga kanker rongga mulut. 
Itulah beberapa manfaat Jagung untuk kesehatan tubuh yang perlu anda ketahui. Sekian dari penulis dan semoga bermanfaat untuk para pembaca.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *