Ini lho hubungan sakit maag dan sesak nafas

 asma




Banyak yang bertanya – tanya apa hubunganya sih penyakit maag dengan sesak nafas ? nah buat kita semua harus bisa mengetahui hal ini, karena banyak sekali yang merasa bingung kog bisa yang sakit di bagian perut karena maag yang timbul sesak nafas. Di beberapa hari yang lalu redaksiana kami telah menemukan postingan yang menarik sekali, yang di mana ada seorang pasien yang bertanya kepada dokter specialist dan seperti ini kurang lebih percakapan beliau di dalam sebuah website yang kami sendiri tidak sebutkan di sini :

Ini lho hubungan sakit maag dan sesak nafas

 Pasien penderita maag

Selamat malam Dok ! “

Saya ingin mengajukan pertanyaan kepada dokter, ” kemarin tetangga saya seorang suster dan kebetulan waktu itu saya sharing kepada suster tersebut, seperti ini sharing saya : Mba, kenapa yang saya sering merasa nyeri dan sesak nafas padahal saya cuma memiliki sakit maag dan rasa sesak nafas tersebut akan kambuh jika maag tersebut juga kambuh ?

Suster sendiri menjawa : itu karena penyakit maag itu bu, karena penyakit maag ada kaitanya dengan sesak nafas. Oow begitu ya mba ? terus saya masih bingung apa iya penyakit maag ada hubunganya dengan sesak nafas. Maka dari itu dok saya pribadi ingin mengajukan pertanyaan kepada dokter yang saya rasa dokter bisa lebih tahu tentang masalah ini. Terima kasih Dokter semoga bisa di bantu ! kurang lebih seperti itu pertanyaan dari ibu yang menderita sakit maag tersebut.

Dokter specialits asma

Pak Dokter sendiri pun berusaha menjawab dengan penuh perhatian dan tegas, karena mungkin dia memang memiliki jiwa dokter dan hal itulah yang membuat dirinya semakin senang bisa membantu orang lain. Seperti ini jawaban dari dokter tersebut:

” Hallo ibu, selamat malam senang bisa membantu ibu “

Pada dasarnya sesak nafas ini banyak sekali yang mengakibatkanya, dan tidak selalu penyakit maag yang bisa menimbulkan sesak nafas tersebut. Meski penyakit maag ini dapat mengakibatkan rasa nyeri di bagian dada jika terjadi GERD ( Gastroesofageal reflux disease ) dalam bahasa kedokteranya, yang di mana akan terjadi aliran balik dari asam lambung ke kerongkongan sehingga akan menimbulkan rasa terbakar dan perih dan ini yang menimbukan rasa sesak di dada. Dan berikut ini yang mengakibatkan sakit maag bisa menimbulkan rasa nyeri dan sesak di bagian dada :

1. Asam lambung akan naik
Jika penyakit maag tidak tertangani dengan segera maka asam lambung akan semakin meningkat dan hal ini akan mendorong asam lambung tersebut ke ulu hati atau bagian dada bawah, dan hal ini jika terus berlangsung akan mengakibatkan GERD dan sesak nafas akan terjadi.

2. Terjadinya GERD
GERD ini yang menjadi faktor utama sesak nafas akan timbul karena penyakit maag tersbeut, hal seperti ini akan terjadi jika maag Anda tidak tertangani dengan segara. Asam lambung akan terjadi aliran dari lambung ke kerongkongan dan hal inilah yang menimbulkan GERD.

Nah dari perbincagan dokter dengan pasien tersebut bisa kita tarik sebuah kesimpulan yang cukup menarik, di sini sesak nafas nafas ini bisa terjadi meski sesak nafas itu bukan peyakit asma atau sebagainya dan bahkan sesak nafas ini bisa di timbulkan kerena beberapa macam penyakit seperti jantung lemah dan penyakit kronis lainya.

Ini lho hubungan sakit maag dan sesak nafas

Kesimpulan:
Penyakit sesak nafas bisa terjadi bukan hanya karena penyakit asma, melainkan bisa di akibatkan karena beberapa faktor seperti penyakit maag, penyakit jantung lemah dan sebagainya. Dari sini kita bisa mengetahui pentingnya untuk selalu menjaga keseimbangan tubuh kita untuk bisalebih sehat lagi.

Simak juga : Kenapa perut terasa begah dan sesak nafas

Saran dan saran
Perbanyak untuk minum air putih dengan banyak, dalam sehari bisa Anda takar untuk minum air putih sebanyak 8 liter dalam sehari dan hal ini akan membantu sekali untuk kesehatan tubuh Anda sendiri, dan penyakit maag ini bisa sembuh dengan konsumsi air putih yang cukup.

Selamat mencoba




Bagikan ke teman: