cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi

 Wajah




cara menyembuhkan asma agar tidak kambuh lagi –
Asma adalah salah satu gangguan pernapasan yang disebabkan akibat saluran udara yang menyempit dalam tenggorokan yang mengakibatkan pembengkakan dan menghasilkan lendir tambahan.

Dampaknya, penderita asma akan mengalami kesulitan untuk bernapas, sesak napas, memicu batuk dan timbul mengi.

Meskipun dianggap sebagai gangguan kesehatan yang ringan, akan tetapi ketika penyakit asma kambuh, tentu saja kondisi dan gejala sesak seperti dada yang terasa sakit akan terasa mengganggu. Sehingga demikian, mencari solusi untuk mencegah penyakit asma agar tidak kambuh lagi adalah hal penting yang akan menjadi hal yang akan anda butuhkan. Gangguan asma memang tidak dapat disembuhkan, akan tetapi gejala yang ditimbulkannya bisa dikontrol sehingga dampaknya tidaka akan terlalu menyakitkan dan menyulitkan.

mencegah asma
Baca Juga: Keputihan Pada Wanita – Jenis, Penyebab dan Pencegahan

Jenis Asma dan Gejalanya

Jika diklasifikasikan, ada empat kategori penyakit asma yakni diantaranya adalah intermiten, persisten ringan, dengan dan juga persisten berat. Orang-orang yang menderita asma persisten ringan, sedang maupun berat umumnya akan membutuhkan bantuan medis.

Adapun penganan medis yang akan diberikan dokter adalah berupa pengobatan dalam jangka waktu yang panjang. Obat ini biasanya adalah kortikosteroid inhalasi. Adapun pengobatan ini tidak difungsikan untuk menyembuhkan dan menghilangkan penyakit asma yang diderita oleh pasien, namun lebih kepada terfokus bagaimana mengendalikan peradangan dan mengurangi serangan asma.

Menurut seorang ahli menyatakan bahwa peradangan adalah akar penyebab dari segala sesuatu yang kita lihat pada penyakit asma. Dengan mengontol akar peradangan, maka dampak dari gejala asma yang dirasakan oleh si penderita akan dapat dikendalikan.

Untuk itulah, memperhatikan pentingnya menangani dan mencegah asma bukan hanya dianjurkan untuk para penderita yang telah menderita asma akut, namun bagi pasien yang menderita gejala asma ringan pun hal ini penting untuk diketahui.
Tanda dan Gejala Asma

Sama halnya dengan penyakit lainnya, penyakit asma tentunya tidak datang dengan tiba-tiba dan membuat penderitanya menderita penyakit asma yang akut. Akan ada gejala yang timbul sebelum penyakit ini berkembang menjadi penyakit akut.

Hanya saja, umumnya keterlambatan diagnosa pada penderita seringkali terjadi karena pasien merasa enggan atau malas pergi ke dokter untuk memeriksakan kesehatannya. Nah, agar anda bisa mendeteksi penyakit asma lebih dini, penyakit ini umumya ditandai dengan gejala berikut:

    Timbulnya sesak pada pernapasan
    Kesulitan mengatur napas
    Timbulnya gejala batuk, pilek dan flu
    Sulit tidur karena sesak napas atau batuk yang diderita

Adapun landasan dari pengobatan gangguan asma adalah dengan menghindari segala hal yang memicu timbulnya penyakit asma. Selain itu, berikut ini ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam rangka mencegah kambuh atau timbulnya asma.
Cara Mencegah Asma Agar Tak Kambuh
1. Awali Sejak Pertama Kali Membuka Mata

Mencegah timbulnya penyakit asma memang sebaiknya dimulai saat anda pertama kali membuka mata. Namun bukan berarti saat anda bayi, melainkan saat pertama kali bangun dipagi hari. Pastikan jika anda senantiasa selalu menjaga kebersihkan tempat tidur anda dan peralatan yang anda gunakan seperti selimut, bantal, kasur dan lain sebagainya. Terutama pada sprei, dimana dibagian ini umumnya seringkali dijadikan media tempat bersangarnya tungau penyebab asma kambuh atau timbul.

Untuk itulah, jika memungkinkan, bagi anda yang menderita penyakit asma akibat alergi, gunakan bantal, guling dan peralatan tidur yang anti alergi. Biasakan pula untuk rutin mengganti dan mencuci perlengkapan tidur minimal satu minggu sekali. Hal ini tentunya bertujuan untuk mengurangi kelembapan dan mengurangi resiko jamur berkembang biak.
2. Menjaga Sirkulasi Udara

Jamur merupakan salah satu pemicu timbulnya gangguan asma yang paling umum. Untuk itulah, guna mengurangi hal tersebut, sebaiknya jagalah sirkulasi udara dalam ruangan dengan membiasakan membuka jendela dan menjaga kamar mandi agar tetap kering dan bersih.
3. Hindari Produk Pembersih dengan Kandungan Bahan Kimia

Gas yang berasal dari pembersih rumah tangga seperti halnya pembersih kaca yang disemprotkan dapat memicu timbulnya asma. Untuk itulah, bagi para penderita asma sebaiknya hindari terlalu banyak menghirup gas tersebut untuk mencegah asma kambuh akibat alergi.
5. Hindari Kebiasaan Merokok

Asap rokok merupakan musuh bagi para penderita asma. Hal ini dikarenakan asap rokok yag timbul dari sulutan api akan dapat menyebabkan gangguan asma timbul. Memang sulit menghindari paparan asap rokok, apalagi mengingat saat ini rasanya sudah terlalu banyak perokok yang bukan hanya tersebar dijalanan di satu ruangan yang anda tempati saja, akan dapat anda jumpai perokok dengan mudah baik itu anggota keluarga, saudara, teman atau bahkan orang asing yang tak anda kenali.

Akan tetapi, apalah mau dikata jika ini adalah pantangan berat bagi para penderita asma, maka anda harus lebih pintar beradu bersama dengan para perokok. Jika memungkinkan, anda bisa menempati ruangan anti merokok atau meminta toleransi perokok untuk tidak merokok dihadapan anda.
6. Hindari Stres

Emosi dan rasa panik yang intens seringkali memperburuk gejala asma yang dirasakan. Untuk itulah, bagi para penderita asma, hal ini sebaiknya dihindari agar asma tidak mudah kambuh. Untuk menghindari stres bisa dilakukan dengan tidak terlalu banyak berpikir, menghentikan sejenak pekerjaan yang membuat anda jenuh, refresih, menyalurkan hobi dan melakukan hal-hal yang bisa membuat rasa khawatir atau panik anda bisa berkurang. Dengan begini, anda akan lebih merasa tenang dan gejala stres bisa dihindari.
7. Selalu Siaga

Gejala asma bisa kambuh kapan saja dan dimana saja. Untuk itulah, siapkan selalu obat-obatan pereda asma dalam tas dan bawa kemana-mana untuk berjaga-jaga jika serangan asma kambuh dimana saja. Hal ini tentunya bertujuan untuk menjaga jika saja serangan asma mendadak terjadi di kantor atau ditempat-tempat yang tidak terduga.

Selain itu, penderita asma biasanya tidak terlalu kuat jika harus melakukan aktifitas fisik yang berat seperti berlari atau kegiatan yang menguras napas. Untuk itulah, sebaiknya kontrol dan jaga aktifitas anda agar tidak berlebihan.

Penyakit asma seringkali dianggap sebagai penyakit yang ringan. Akan tetapi, ketika penyakit ini kambuh, dampaknya seringkali menimbulkan perasaan yang tidak nyaman seperti sulit bernapas, dada sesak dan lain sebagainya. Untuk itulah, penting sekali mengatahui cara mencegah agar penyakit ini tidak kambuh dan muncul secar tiba-tiba ditempat-tempat tak terduga. Semoga artikel diatas bisa bermanfaat.



Bagikan ke teman: