Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami

Posted on

Sehatnya.comCara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami – Menghilangkan bekas jerawat pada wajah bukanlah perkara yang mudah karena dibutuhkan perawatan yang teratur dan tepat, jika tidak maka bekas jerawat pada wajah akan sangat sulit dihilangkan dan akan membekas secara permanen seperti wajah berlubang, wajah mengalami flek hitam, dan bahkan goresan pada wajah. Maka dari itu saat mengalami jerawat sering orang tua melarang untuk tidak memencet jerawat sampai pecah karena akibatnya setelah jerawat tersebut mati maka akan meninggalkan bekas yang permanen seperti yang dijelaskan diatas yaitu wajah berlubang, wajah mengalami flek hitam, bahkan adanya rawutan dan goresan pada wajah.

cara-menghilangkan-bekas-jerawat

Masalah jerawat memang sering menjadi problem akut yang sering dialami siapa saja baik laki laki maupun perempuan khusus nya saat menginjak usia remaja. Saat menginjak usia remaja biasanya faktor hormon berperan menjadi penyebab utama timbul nya jerawat.

Sebelum nya kami telah merilis artikel yang cukup panjang mengulas tentang cara mengatasi jerawat secara alami yang bisa menjadi referensi bagi anda yang saat ini mengalami masalah jerawat. Anda bisa membacanya terlebih dahulu sebelum membaca habis artikel kali ini dengan mengunjungi tautan di bawah ini.

Baca Juga: 5 Cara Alami Menghilangkan Jerawat Secara Mudah

Pada tautan diatas kami telah menjelaskan secara spesifik bagaimana menghilangkan jerawat dengan bahan alami, dan pada artikel ini kami akan memberikan tips cara menghilangkan bekas jerawat sekaligus melengkapi kekurangan dari tips sebelum nya. Pada tautan diatas kami hanya fokus tentang cara menghilangkan jerawat dengan bahan alami dan pada artikel kali ini akan kami lengkapi kekurangan dari tips diatas seperti memberi tips faktor penyebab jerawat, makanan penyebab jerawat dan lain sebagainya yang menyangkut tentang jerawat.

Sebelum kita membahas cara menghilangkan bekas jerawat ada baiknya kita mengenal penyebab utama jerawat dan apa saja makanan yang dapat menimbulkan jerawat, sebab tak ada upaya yang lebih baik selain melakukan pencegahan dibanding pengobatan. Sebaik apapun obat dan tips perawatan jerawat yang dilakukan tanpa pola hidup sehat serta menjauhi faktor penyebab jerawat maka segala perawatan yang dilakukan akan sia sia belaka, maka dari itu mengenal penyebab jerawat sangat penting untuk mendapatkan wajah yang bebas jerawat di kemudian hari.

Penyebab Utama Timbulnya Jerawat.

1. Stress

Stress atau istilahnya banyak pikiran atau depresi merupakan suatu kondisi yang dapat memicu timbulnya jerawat, selain menyebabkan jerawat, stress juga menyebabkan sistem metabolisme terganggu dan juga dapat memicu berbagai penyakit berbahaya lainnya. Maka dari itu jauhi dan hindari stress agar masalah jerawat tidak menghampiri anda.

2. Lingkungan

Lingkungan menjadi salah satu faktor utama penyebab timbulnya jerawat, lingkungan yang harus anda jauhi ialah lingkungan yang ekstrem, ekstrem dalam artian mengandung udara yang buruk seperti polusi, berkabut, dan berasap.

3. Sinar Matahari

Sering berada dibawah panasnya terik matahari dapat memicu timbulnya jerawat, sebab dalam kondisi dibawah matahari maka tubuh akan dipaksa mengeluarkan cairan (keringat) melalui pori pori tubuh termasuk wajah, ketika keringat bercampur minyak di wajah maka akan menjadi perangkap debu dan kotoran yang sempurna. Maksudnya ketika keringat sudah bercampur minyak di wajah maka kotoran dan debu akan mudah menempel di wajah dan setelah keringat kering maka kotoran dan debu akan mengendap dalam pori pori wajah dan  menjadi penyebab jerawat di kemudian hari.

4. Faktor Hormon

Faktor hormon menjadi salah satu penyebab jerawat sehingga mayoritas anak yang menginjak usia remaja akan mengalami perubahan hormonal yang sering di indikasikan dengan perubahan sikap, sifat dan mulai muncul nya jerawat pada wajah.

5. Produk Kosmetik

Bagi perempuan yang menggunakan berbagai macam produk kosmetik apalagi yang hobi mencoba kosmetik baru biasanya akan merasakan dampak pada timbul nya jerawat. Sedangkan pada laki laki penggunaan sabun pembersih wajah atau sabun penghilang jerawat yang biasa digunakan juga bisa menjadi penyebab jerawat. Namun hal ini hanya akan terjadi jika produk yang digunakan tidak cocok dengan si pemakai. Maka dari itu sering disarankan untuk tidak sering mengganti produk kosmetik dan produk perawatan wajah agar dapat meminimalisir ketidakcocokan produk.

Selain 5 penyebab utama timbul nya jerawat seperti yang sudah dijelaskan diatas, jerawat juga dapat timbul dari pola hidup sehari hari, seperti makanan yang dikonsumsi.

Berikut Daftar Makanan Penyebab Jerawat.

1. Makanan Berminyak

Segala macam jenis makanan berminyak dan gorengan sebaiknya dikurangi saat jerawat wajah anda sedang bersemi, dan sebaliknya perbanyak makanan yang kaya akan serat dan antioksidan seperti sayur dan buah sebagai penangkal dari dalam agar jerawat anda yang bersemi tidak menjadi lebih parah.

2. Kacang Kacangan

Kacang kacangan sering dituding menjadi dalang dari timbul nya jerawat, sebenarnya tudingan ini tidak sepenuhnya benar karena ketika wajah tidak mengalami jerawat maka konsumsi kacang kacangan secara tidak berlebihan sebenarnya tak masalah. Yang masalah adalah mengkonsumsi kacang kacangan ketika jerawat sedang bersemi (sedang parah). Maka dari itu saat wajah berjerawat hentikan dulu konsumsi kacang kacangan apalagi kacang goreng.

3. Seafood

Seafood atau makanan laut seperti kepiting, udang, cumi, sotong, kerang sebaiknya tidak dikonsumsi saat jerawat sedang bersemi, sebab pada sebagian orang mengkonsumsi makanan ini dapat menyebabkan jerawat semakin parah. Yang boleh anda konsumsi hanyalah jenis ikan saat sedang jerawat. Namun setelah jerawat sembuh total maka segala jenis makanan laut favorit anda seperti cumi, udang, lobster, kepiting dapat anda nikmati kembali. Tapi ingat jangan berlebihan. Sebab segala yang berlebihan itu tidak baik bagi kesehatan dan jangka panjang.

4. Junk Food

Junk food merupakan jenis makanan yang dapat menyebabkan jerawat semakin parah sebaiknya hindari segala jenis junk food seperti berikut ini, minuman soda, minuman dan makanan manis, gorengan, makanan cepat saji (termasuk mi instan) sebaiknya dikurangi saat jerawat anda parah, jika anda abaikan maka jerawat akan semakin sulit untuk diobati.

Nah setelah membaca penjelasan mengenai jerawat yang cukup panjang diatas mulai dari penyabab utama, makanan penyebab jerawat, sampai tips menghilangkan jerawat (tautan diatas) maka sampailah kita pada inti dari artikel kali ini yaitu menghilangkan bekas jerawat.

Ya jerawat merupakan masalah yang memiliki kadar limited, ketika masa aktif nya sudah habis maka jerawat akan mati dan hilang sendiri dan waktu aktif jerawat itu bisa lama dan bisa cepat. Setelah jerawat mati atau masa aktif nya habis biasanya akan meninggalkan bekas.

Bekas bisa berupa lubang pada wajah, luka atau goresan, bahkan flek hitam yang membuat tekstur wajah tidak seperti dulu lagi maka dari itu diperlukan langkah untuk pengobatan yaitu cara menghilangkan bekas jerawat. Berikut Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat.

1. Madu

Madu merupakan alternatif pertama untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, madu mengandung kandungan vitamin dan antioksidan yang sangat kaya yang dapat mengangkat sel sel kulit mati dan flek hitam pada wajah sekaligus membantu meratakan tekstur wajah yang berlubang. Cara penggunaan masker madu untuk menghilangkan bekas jerawat cukup mudah yaitu anda hanya mengoleskan madu asli pada wajah secara merata dan tunggu hingga kering sebelum dibilas dengan air bersih. Dan lakukan tips ini setiap malam sebelum anda tidur dan lihat hasil nya dalam beberapa bulan kedepan. Sebelum mengoles madu pada wajah bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan air hangat. Dengan pemakaian yang teratur maka wajah akan kembali kencang, cerah, dan memiliki tekstur yang halus.

2. Lidah Buaya

Cairan lidah buaya merupakan tips kedua yang bisa menjadi pilihan anda untuk menghilangkan jerawat secara alami, jika anda tidak memiliki madu untuk melakukan tips pertama maka anda bisa memilih alternatif menggunakan cairan lidah buaya. Cara pakai nya cukup simpel anda cukup mengoleskan wajah dengan cairan lidah buaya secara merata lalu biarkan hingga kering dan bilas dengan air bersih. Gunakan cara ini secara teratur setiap malam sebelum tidur untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Adapun manfaat menggunakan masker lidah buaya ini adalah menjadikan wajah kencang, cerah dan halus.

3. Putih Telur

Putih telur adalah alternatif ketiga yang bisa anda gunakan untuk menghilangkan bekas jerawat secara alami, cara ini juga bisa anda kombinasikan menggunakan madu. Caranya siapkan satu butir telur ayam ras lalu pisahkan kuning dan putih nya ke wadah berlainan. Kemudian gunakan putih telur lalu kocok putih telur tadi dengan menambahkan 1 (sdm) madu lalu kocok hingga menyatu. Setelah itu oleskan ke wajah masker putih telur dan madu yang sudah dikocok tadi secara merata dan biarkan 15-20 menit sampai benar benar kering. Lakukan pada saat malam sebelum tidur dan cukup 3 kali seminggu.

Demikianlah informasi tentang tips Cara Menghilangkan Bekas Jerawat Secara Alami semoga tips yang kami berikan ini dapat bermanfaat dan bisa menjadi referensi bagi anda untuk dikemudian hari.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *