Cara menurunkan darah tinggi tradisional

Jika anda tahu bahwa tekanan darah ini selalu bekerja setiap waktu, tetapi tekanan darah itu dapat menjadi suatu penyakit yang sangat menggangu kesehatan kita.dan jika itu dibiarkan akan menimbulkan banyak komplikasi yang sangat serius. Dan penyebabnya akibat sirkulasi darah yang tidak lancar sehingga membuat darah menjadi tegang. Dapat kita contohkan seperti otak dan jantunr

Untuk itu kita perlu mengerti akan arti tekanan darah itu sendiri

Darah tinggi yaitu suatu penyakit yang disebabkan oleh tekanan darah sistolik dan distoliknya melebihi 140/90 mm Hg. Pengeritan dari darah sistolik itu sendiri adalah tekanan darah pada saat jantung menguncup sedangkan diastolik yaitu pada saat jantung mengendor. Dapat kita simpulkan bahwa darah sistolik akan selallu lebih tinggi dari pada darah diastolik.

Berikut cara mengobati darah tinggi secara tradisional:

Jika seseorang itu stres maka akan cepat sekali terkena penyakit darah tinggi. Emosi seseorang pun juga dapat memicu seseorang itu terkena darah tinggi. Jika seseorang itu santai atau rileks maka akan cenderung tekanan darahnya normal.

Apabila kita ingin mengetahui tekanan darah kita lebih baik jika kita mengeceknya ke dokter. Dan kondisi normal seseorang yaitu berkisar antara kurang dari 130 mm Hg dan lebih dari 85mm Hg. Jika seseorang itu tidak normal maka akan berkisar diantara lebih dari 210 mmHg dan kurang dari 120mm Hg.

Jika anda mengalami tekanan darah berlebih waspada akan bahaya penyakit yang timbul akan karenya. Penyakit itu seperti : jantung,stroke gagal jantung kerusakan pada ginjal dan masalah pada mata.

Untuk itu anda perlu tahu penyebab darah tinggi:
Kelebihan berat badan atau obesitas
Kurangnya berolah raga
Terlalu sering mengkonsumni makanan yang memiliki kadar garam tinggi
Kurangnya buah dan sayur
Terlalu banyak minum alkohoh dan merokok

Gejala hipertensi atau darah tinggi yaitu

  • Pusing
  • Pandangan kabur
  • Sakit kepala
  • Bingung
  • Mudah mengantuk
  • Sulit bernafas

Namun gejala diatas dapat berbeda-beda tergantung si penderitanya makanya aktif cek darah ke dokter ya.

Berikut juga faktor resiko pengidap darah tinggi:

  • Usia yang sudah lanjut
  • Adanya riwayat keluarga yang mempunyai penyakit tekanan darah tinggi
  • Biasannya terjadi pada orang yang berkulit hitam
  • Prialah yang sering mengalami penyakit ini

Cara mengobati darah tinggi

Berikut cara mengobati darah tinggi secara tradisional

Akar pule pandak

Siapkan 50 gr akar pule pandak lalu iris tipis-tipis, didihkan air panas dan rebus akar tersebut hingga menyisakan 1 gelas air. Lalu setelah dingin minum air ini setengah gelas pada pagi hari dan sisanya pada sore hari.

Mengkudu

Siapkan beberapa mengkudu yang sudah dicuci, lalu parut mengkudu tersebut dan peras airnya. Kemudian ambil sarinya dan minum 2sampai 3 kali sehari. Selain untuk penyakit darah ini mengkudu juga cocok untuk kencing manis.

Daun Meniran

Caranya cuci seperempat gram daun meniran giling halus kemudian tambahkan segelas air yang sudah matang. Kemudian peras dan saring lalu minum air perasan tadi, minum lah sehari 2 hingga 3 kali.jika anda mempunyai batu ginjal ramuan ini sangat cocok tetapi usahakan jangan sampai berlebihan karena dapat menyebabkan lemah syahwat

Mentimun

Ambil dua buah timun cuci sampai bersih dan parut, peraslah hasil parutan tadi dan ambil sarinya saja, dan minum sari tersebut hingga 2-3 kali sehari.

5.Rimpang kunyit

Cuci bersih rimpang kulit kemudian parut rimpang kulit, setelah itu campur parutan rimpang kulit dengan madu lalu saring. Setelah itu saringan tadi perasan dan saringan tersebut dapat anda minum 2-3 kali sehari

Asam trengguli

Ambil 3 jari asam trengguli laluremas dengan 2 sendok madu.lalu saring, kemudian minum air saringan tersebut 2-3 kali sehari

Daun pegagan

Ambil 20 lembar daun pegagan lalu didihkan air sebanyak 3 gelas jika sudah mendidih masukkan daun tersebut, dan sisakan hingga 1 gelas. Jika sudah dingin minumlah dengan ditambahkan madu dan air rebusan tadi bisa dipakai untuk 3 kali minum.

Seledri

Sediakan 16 seledri cuci bersih kemudian potong-potong kasar lalu masukkan ke dalam panci. Tambahkan 2 gelas air, biarkan mendidih dan sisakan hingga tinggal 1 gelas. Air minuman ini untuk dua kali minum.

Belimbing

Ambil dua buah belimbing cuci sampai bersih lallu makan buah ini pagi dan sore hari secara teratur.

Lobak

Ambil satu buah lobak cuci dan parut hingga halus untuk mendapatkan sarinya saja lalu minum sari lobak tersebut.

Itulah beberapa tips menurunkan darah tinggi secara tradisional dari saya. Semoga bermanfaat dan harap dijadikan pengingat bahwa penyakit itu bisa datang kapan saja dan pada siapa saja maka dari itu kita lebih baik mengobatinya.

Karena tidak ada penyakit yang tidak dapat disembuhkan jika kita mau berusaha.

Cara menurunkan darah tinggi tradisional | sehatnya | 4.5

Leave a Reply