Cara mengobati tipes agar tidak kambuh lagi dengan aman

Gejala dari tipes biasanya adalah demam pada malam hari atau pagi hari. Bakteri salmonella typi adalah penyebab bakteri akibat tipes ini. Bakteri ini biasanya akan berkembang dalam usus dan menyebabkan demam. Biasanya gejala tipes ini banyak yang mengabaikannya. Dan untuk mengetahui penyakit ini biasanya dilakukan tes darah, urine atau feses.

Untuk perawatan penyakit ini biasanya untuk pertama kali dilakukan dirumah baru kemudian jika sudah memburuk maka perawatan di rumah sakit diperlukan. Berikut ini beberapa langkah untuk mengobati tipes:
1.    Pengobatan dengan Antibiotik
Antibiotic ini berguna untuk melawan bakteri sejak lama dan hasilnya memang sangat bagus. Dan untuk penyakit yang satu ini, jika ingin menggunakan obat ini harus mengetahui dulu kondisi si penderita baru memberi obat antibiotic yang cocok. Dan ini obat antibiotic yang biasa diberikan oleh dokkter dan hanya dengan resep dokter:

·    Chloramphenicol(chloromycetin): obat ini biasa digunakan jika anda baru pada tahap gejala dan bisa menunjukkan perbaikan setelah 2 atau 5 hari. Tetapi obat ini menimbulkan efek diare,mual dan sakit perut.

·    Amoxicillin (trimox,Amoxil,Biomox): obat jenis ini dapat mencegah agar bakteri penyebab dari tipes ini berkembang. Dan untuk itu maka menyebabkan penurunan suhu dengan cepat dan bisa mencegah kekambuhan.

·    Ciprofloxacin(Cipro): obat ini berguna untuk menyerang bakteri dan menghambat pertumbuhan bakteri sehingga mati sebelum menjadi lebih buruk. Obat ini tidak dianjurkan untuk penderita diare dan mual parah.

2.    Minum air mineral
Dengan banyak minum air mineral ini akan membantu penyembuhan menjadi lebih cepat. Dan apabila si penderita tipes ini mengalami diare yang parah. Untuk itu maka minum cairan mineral ini sangat penting untuk mengganti cairan yang hilang akibat diare.

3.    Cukup istirahat
Dengan beristirahat maka ini sangat diperlukan karena akan meningkatkan system kekebalan tubuh. Karena jika tidak istirahat dengan cukup maka resiko akan kambuh pun menjadi lebih besar.

4.    Mengkonsumsi makanan halus
Jika seseorang terkena tipes maka usus akan menjadi sensitive, dan untuk itu usus memerlukan asupan yang harus lembut dan lunak. Makanan itu biasanya bubur nasi merah atau nasi putih. Dan jika anda memakan
makanan yang kasar maka akan melukai usus anda dan bahkan bisa menambah parah penyakit tipes.

5.    Sering makan
Jika seseorang terkena tipes maka jangan melakukan makan terlalu banyak terlebih dahulu, karena akan makan lebih sering ini akan membantu usus bekerja menjadi lebih baik. Dengan mengkonsumsi makanan halus ini maka perut akan perih dan sedikit tidak nyaman akan membiasakan usus menerima makanan.

6.    Jauhi makanan pedas
Bagi penderita tipes pasti ingin memakan yang pedas-pedas karena kondisi tubuh yang tidak fit ini maka menyebabkan seseorang ingin memakan yang pedas dan segar. Tetapi ini justru berbahaya karena makanan pedas ini menyebabkan usus menjadi luka dan membuat bakteri menjadi lebih ganas. Dan makanan yang pedas ini juga bisa meperparah penyakit tipes Anda.

7.    Menjaga kebersihan
Bagi anda penderita tipes maka kebersihan haruslah terjaga karena kalau tidak menjaga kebersihan maka kekebalan tubuh menjadi lemah dan sangat mudah terkena sumber penyakit lain. Dan cara pencegahan penyakit ini cukup sederhana yaitu mencuci tangan sebelum dan sesudah makan. Agar penyakit tidak mudah menyerang.

8.    Kompres dengan air dingin
Jika anda penderita tipes maka biasanya Anda akan mengalami demam yang sangat tinggi. Dan untuk itu jika panas menyerang maka Anda bisa mengompres dengan air dingin. Dan untuk mengompresnya letakkan pada bagian dahi atau ketiak. Dan apabila panas terlalu tinggi kompreslah pada bagian telapak tangan atau kaki dengan air dingin,tetapi jika panas terlalu tinggi jangan menggunakan air dingin dari es batu karena akan membuat demam menjad tinggi.

9.    Minum oralit
Jika anda mengalami diare saat terkena penyakkit tipes maka agar anda tidak dehidrasi maka buatlah larutan oralit atau minum oralit yang sudah ada. Dan minuman ini akan mengurangi diare dan mengatasi demam tipes agar tidak menjadi parah.

10.    Minum cuka sari apel
Cuka dari sari apel ini berguna untuk menyembuhkan secara cepat diare dan mual dan muntah akibat penyakit tipes iini. Cuka sari apel ini bisa untuk mengurangi suhu tubuh yang terlalu tinggi. Dan anda hanya perlu mencampurkan cuka sari apel kedalam satu gelas air minum hangat. Dan anda juga bisa menambahkan madu agar minuman tidak terlalu asam. Dan dengan cuka sari apel ini anda bisa untuk mengompres cukup dengan menambahakn air dingin.

Berikut diatas adalah ulasan saya untuk mengobati tipes dengan cepat dan tidak kambuh. Cobalah tips ini semoga berhasil dan jagalah kesehatan dengan cara yang baik. Dan untuk itu anda juga harus menjaga kebersihan dan mengkonsumsi makanan yang sehat agar tipes anda tidak kambuh.

Cara mengobati tipes agar tidak kambuh lagi dengan aman | sehatnya | 4.5

Leave a Reply