cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih

Bau badan tentu kata itu sangat mengganggu bagi kita. Bukan hanya membuat kita tidak nyaman karenanya, akan tetapi bau badan ini mengganggu aktifitas sehari-hari kita. Bukan hanya itu saja orang disekitar kitapun akan sangat terganngu karenanya.

Biasanya bau badan ini muncul karena produksi keringat yang berlebih,dan untuk menghilangkan bau badan ini bagi sebagian orang pasti menggunakan parfum. Akan tetapi parfum ini hanya bersifat sementara dan tidak bertahan lama. Dan untuk mengontrol bau badan ada beberapa cara untuk menhilangkan secara efektif dan sederhana yaitu:

1 Seka keringat yang berlebih
Keringat yang berlebih menjadi penyebab utama bau badan muncul, keringat menyebabakan kondisi lembab pada kulit sehingga menjadi tempat pertumbuhan yang baik untuk bakteri. Dan kulit tersebut tertutup rapat oleh pakaian dan tidak terkena udara luar. Untuk menghilangkan keringat akibat bakteri yang berlebih inii maka sering-seeringlah membersihkan keringat dengan menggunakan tisu, sapu tangan, atau handuk kering agar mencegah bakteri penyebab bau badan tinggal dan bersarang.

2 Pakai baju yang dapat menyerap keringat
Usahakan memakai baju yang berbahan katun, karena bahan ini sangat mudah menyerap keringat sehingga bakteri akibat bau badan ini dapat anda cegah.

3 Mandi menggunakan sabun anti bakteri
Mandi dengan teratur pagi dan sore hari ini dengan menggunakan sabun anti bakteri yang mengandung senyawa aktif triclosan. Senyawa ini membantu membunuh kuman bahkan bakteri yang menyebabkan bau keringat muncul. Dan jangan lupa jika sehabis berolah raga mandilah, supaya jika kita mengeluarkan keringat yang berlebih saat berolah raga dengan mandi itu akan membuat bau badan kita hilang dan kita menjadi segar kembali.

4 Ganti kaos kaki setiap hari
Sumber bau badan ini juga bisa berasal dari kaki, dan untuk itu gantilah kaos kaki anda setiap hari. Karena kaos kaki ini dapat membuat anda menjadi lembab dan menjadi tempat pertumbuhan yang sempurna untuk bakteri dan jamur yang menjadi penyebab timbulnya bau badan yang tidak sedap. Dan yang paling penting pakailah kaos kaki dalam keadaan kering.

5 Rendam kaki dalam larutan garam
Bukan hanya itu saja ternyata bau di kaki ini juga bisa disebabkan karena adanya jamur atau bakteri yang menempel di sela-sela jari kaki. Dan untuk sebab itu maka rendamlah kaki Anda pada air hangat yang telah dicampur dengan garam.hal ini akan membuat bakteri pada kaki Anda dapat dicegah.

6 Gunakan anti persipant
Gunakan anti persipant untuk ketiak dan sela jari Anda, sekilas anti persipant ini mirip dengan deodorant. Akan tetapi ini sangat berbeda, anti persipant ini mengandung bahan yang dapat menghambat pengeluaran keringat. Dan untuk deodorant itu sendiri hanya bersifat untuk menyegarkan dan mengharumkan tubuh Anda.
Akan tetapi sekarang banyak deodorant yang merangkap sekaligus sebagai anti persipant. Dan untuk itu Anda harus jeli utnuk memilih deodorant tersebut.

7 Sari lemon
Kandungan senyawa pada sari lemon ini sebagai anti bakteri yang dapat membunuh dan menghambat pertumbuhan bakteri pada kulit akibat bau badan. Untuk itu caranya pun sangat mudah yaitu siapkan 1 buah lemon dan ambil sarinya, kemudian oleskan sari lemon di bagian ketiak dan sela jari kaki. Diamkan kurang lebih 10-15 lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 2 kalii sehari untuk menghilangkan bau secara efektif.

8 Gunakan baking soda
Ternyata tentu tidak kita sadari bahwa baking soda ini juga sebagai bahan untuk menghilangkan bau badan. Karena baking soda ini dapat menyerap keringat dan membunuh bakteri penyebab bau badan. Caranya sangat mudah yaitu siapkan 1 sendok the baking soda lalu campur dengan 1 sendok the sari lemon. Kemudian oleskan campuran tersebut pada area yang sering mengeluarkan keringat terutama ketiak. Tunggu hingga 5-10 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan cara ini 1 kali sehari sebelum mandi secara rutin selama beberapa minggu untuk hasil yang maksimal.

9 Gunakan cuka Apel
Ternyata cuka apel ini juga dapat membunuh bakteri penyebab bau badan yang paling ampuh.  Cuka ini bertugas untuk menjaga keseimbangan pH pada kulit tubuh sehingga bakteri tidakk mudah muncul. Ada tiga cara menggunakan cuka apel yaitu

A.    Oleskan cuka apel pada bagian tubuh yang sering berkeringat
B.    Berandamlah dengan cuka apel
C.    Meminum cuka apel

10 Memakai bunga Rosemary
Kandungan menthol dan khlorofil pada rosemary ini dapat menetralkan bau badan yang tidak sedap serta dapat menyegarkan dan memberi wanggi bagi tubuh kita.selain itu bunga ini mengandung anti oksidan yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau badan tersebut. Dan adapun caranya yaitu siapkan 1 gelas daun rosemary lalu keringakn baru setelah itu campur ke dalam 4 gelas air dan biarkan larut selama 10 menit.kemudian campur larutan rosemary ke dalam bak mandi dan diamkan hingga 15-20 menit lalu mandilah dengan campuran rosemary ini setiap hari hingga bau badan hilang.

11 Makan sayuran hijau
Sayuran seperti bayam, kangkung,dan seledri ini kaya akan klorofil berguna untuk menghilangkan bau badan Anda. Kandungan klorofil dalam sayur inii dapat berguna sebagai deodorant alami untuk menghilangkan bau badan. Selain itu anda bisa juga meminum air rebusan seledri. Caranyapun sangat mudah yaitu ambil satu sendok the seledri yang sudah dicincang halus ke dalam 1 gelas air panas dan aduk kurang lebih 5 menit lalu minum setelah air terasa hangat.

Oke inilah tips cara menghilangkan bau badan dan keringat yang berlebih untuk Anda semoga tips ini sangat bermanfaat untuk Anda dan selamat mencoba dan sukses selalu.

cara menghilangkan bau badan dan keringat berlebih | sehatnya | 4.5

Leave a Reply