Panduan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda

Sehatnya.com Panduan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda – Hamil muda adalah periode dimana tubuh menyesuaikan dengan kondisi yang sedang anda alami yaitu anda harus berbagi nutrisi, berbagi makanan dan berbagi segala hal dengan janin di dalam perut anda. Maka dari itu periode awal kehamilan sering disebut sebagai periode penting dalam masa kehamilan. Wajar saja sebab di periode awal kehamilan janin membutuhkan berabagai macam nutrisi untuk pertumbuhan seperti pembentukan tulang, otak dan struktur tubuh lainnya.

Selain itu kenapa periode awal kehamilan disebut sebagai periode penting adalah karena di masa hamil muda paling rentan keguguran, selain itu perubahan hormon pada ibu hamil juga dapat membuat ibu hamil menjadi lemah, mual dan berbagai macam perasaan tidak enak lainnya, oleh sebab itu di masa hamil muda ini sangat diperlukan nutrisi untuk bayi yang tepat agar bayi anda di dalam kandungan dapat tumbuh dengan sehat dan lahir dalam keadaan tanpa kekurangan apapun. Baiklah berikut Daftar makanan sehat bergizi untuk ibu hamil muda:

1. Kacang Kacangan
Kacang kacangan merupakan salah satu makanan penting yang tidak boleh anda abaikan sebab makanan ini memiliki sangat banyak nutrisi yang dibutuhkan bayi seperti protein, vitamin b, asam folat dan lain lain. Adapun kacang kacangan yang disarankan adalah kacang hijau, kacang hijau sangat baik menjadi menu untuk sarapan pagi anda, selain rasanya nikmat kacang hijau juga sangat kaya akan nutrisi yang dibutuhkan bayi oleh sebab itu pastikan menu bubur kacang hijau hadir di meja sarapan anda.

Baca Juga: Tanda Awal Kehamilan

2. Sereal
Sereal adalah salah satu makanan yang sangat cocok untuk menjadi menu sarapan pagi anda selain kacang hijau tentunya, makanan ini juga memiliki kandungan gizi yang tak kalah dengan kacang hijau seperti kandungan protein, mineral, karbohidrat, kalsium yang sangat dibutuhkan untuk perkembangan bayi. Selain itu manfaat sereal lainnya adalah dapat mengatasi problem umum ibu hamil yaitu masalah mual pagi hari.

3. Ikan
Ikan adalah salah satu makanan pokok anda selama kehamilan yang tidak boleh anda tawar tawar lagi, ikan memiliki nutrisi kompleks yang sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan bayi dalam kandungan, adapun jenis ikan yang direkomendasikan adalah ikan yang tidak memiliki sisik seperti lele, belut, dan sejenis nya. Namun jika bosan anda juga bisa mengganti menu ikan yang anda sukai seperti nila, kakap, atau tenggiri.

4. Buah Dan Sayur
Buah dan sayur adalah salah satu nutrisi pendukung yang juga tidak bisa diabaikan oleh ibu hamil diantaranya adalah dapat mengurangi mual, mencegah gangguan sistem pencernaan selama kehamilan, meningkatkan sistem imun tubuh selama kehamilan, dan dapat mengontrol berat badan anda selama kehamilan. Adapun sayur sayuran yang disarankan adalah sayur sayuran hijau seger seperti bayam, brokoli, dan sejenis nya. Sedangkan buah yang baik untuk anda konsumsi selama hamil adalah apel, alpukat, pepaya, tomat, pisang, dan anggur.

5. Susu
Susu merupakan asupan penting yang sangat dibutuhkan tubuh untuk perkembangan bayi dalam kandungan diantara manfaat susu adalah dapat mengurangi mual, meningkatkan kekebalan tubuh, mempercepat pertumbuhan tulang pada bayi, memperkuat tulang, memperbaiki jaringan dan sel sel yang rusak. Pilihlah susu yang memiliki nutrisi tinggi seperti vitamin D, Vitamin A, Protein yang sangat dibutuhkan bayi.

Pola Makan selama ibu hamil muda:

Sarapan Pagi:
Susu
Bubur Kacang Hijau
Atau Sereal.

Makan Siang:
Nasi
Ikan
Buah/Sayur

Makan Malam:
Nasi
Tahu/Tempe
lauk pauk (ikan, telur, etc)
Susu Sebelum tidur.

Nah demikianlah panduan makanan sehat untuk ibu hamil muda beserta pola makan yang benar, semoga tulisan ini dapat bermanfaat bagi semua pembaca khusus nya ibu yang sedang hamil muda. Semoga anda memiliki bayi yang sehat serta lahir dalam keadaan sehat pula.

Panduan Makanan Sehat Untuk Ibu Hamil Muda | sehatnya | 4.5

Leave a Reply