Berapa Lama Tahan Tambal Gigi ?

Sehatnya.com – Berapa Lama Tahan Tambal Gigi ? – Tambal gigi merupakan suato proses penutupan pada lubang gigi sehingga mencegah masuk nya kuman dan bakteri ke dalam gigi yang dapat menyebabkan kerusakan gigi serta dapat menyebabkan sakit gigi. Dengan melakukan penambalan gigi maka seseorang sudah mencegah berbagai kerusakan gigi yang bisa diakibatkan oleh gigi berlubang.

Namun pertanyaan selanjut nya berapa lama daya tahan tambal gigi ? Daya tahan tambal gigi sebenarnya relatif tergantung bahan yang digunakan dan skill dokter yang melakukan penambalan gigi. Bahan yang digunakan maksud nya bagaimana ? yaitu bahan bahan campuran yang digunakan dokter sebab jika kombinasi bahan yang digunakan untuk menambal gigi tidak pas maka akan mempercepat penipisan tambal gigi. Selain itu kemampuan dokter yang menangani pasien juga mempengaruhi sebab saya pernah menambal gigi namun hanya selang 3 hari kemudian lalu tambal gigi pecah karena kebiasaan saya menggertak gertak gigi saat tidur, kebetulan posisi tambal gigi berada di gigi geraham dan tambalan nya pun sedikit tebal. Untung nya dokter yang menangani saya juga langganan saya sehingga ketika penambalan gigi rusak dan pecah saya langsung menemui nya dan akhirnya saya mendapat tambalan gigi baru dan tanpa biaya alias FREE karena masih dalam waktu 7 hari sejak penambalan gigi.

Baca Juga: Berapa Harga Tambal Gigi Berlubang Di Dokter ?

Namun pada kesempatan kali ini bukan kualitas dokter dan juga bahan yang digunakan dokter untuk menambal gigi yang ingin saya bahas namun penyebab penyebab tambal gigi cepat menipis lah yang akan saya bahas kali ini. Sebab saat ini sangat banyak yang bertanya tanya berapa lama tahan tambal gigi ?

Baca Juga Yang ini:

1. Efek Samping Membersihkan Karang Gigi Di Dokter

2. Cara Membersihkan Karang Gigi Pada Bayi

3. Kapan Anak Perlu Dan Dibolehkan Pakai Kawat Gigi

4. Berapa Lama Tahan Tambal Gigi ?

5. Berapa Harga Tambal Gigi Berlubang Di Dokter ?

Daya tahan tambal gigi dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor selain faktor teknis yaitu dokter antara lain lokasi gigi berlubang, kebiasaan makan makanan panas, pola mengunyah,dan sering minum air dingin.

1. Lokasi Gigi Berlubang
Lokasi gigi berlubang merupakan penyebab paling dominan yang menyebabkan daya tahan tambal gigi tidak tahan lama alias cepat menipis, beberapa lokasi gigi berlubang yang daya tahan tambal nya cepat menipis adalah pada bagian gigi geraham bagian bawah. Gigi geraham bagian bawah juga merupakan gigi yang paling sering berlubang karena fungsinya sebagai penggilas makanan yang dimakan sehingga kerja gigi geraham lebih banyak jam nya dan lebih sulit tugas nya dibanding gigi bagian atas atau gigi bagian depan.

Apa yang harus dilakukan ketika tambal gigi mulai menipis kembali ? Ketika tambal gigi anda mulai menipis atau kembali cekung sesuai pola lubang gigi anda sebelum ditambal maka solusi yang bisa kami berikan adalah kembali ke dokter gigi dan lakukan tambalan ulang pada tambal gigi anda yang mulai menipis. Jika anda memiliki lubang gigi pada bagian geraham maka biasanya tambalan gigi anda paling lama tahan hanya satu tahun maka sudah kelihatan mulai menipis dan butuh ditambal ulang.

2. Jenis Gigi Berlubang
Jenis gigi berlubang juga mempengaruhi daya tahan sebuah tambal gigi, jenis jenis gigi berlubang sangat banyak macam nya sebagai contoh gigi berlubang kecil namun dalam, dan gigi berlubang besar namun dangkal alias lubang nya tidak dalam. Kedua jenis gigi berlubang ini sama sama menyebabkan daya tahan tambal gigi cepat habis apalagi anda mengunyah makanan pada bagian tambalan gigi berlubang anda maka bisa diramalkan dalam 6-12 bulan maka anda harus kembali ke dokter gigi untuk melakukan tambal gigi ulang karena tambal yang mulai menipis.

3. Minum Es
Minum minuman dingin secara tidak langsung dan tanpa kita sadari ternyata membantu mempercepat penipisan pada tambal gigi sehingga ketika tambal gigi yang dulu nya rata dan tebal kini semakin menipis dan mulai cekung ke dalam sesuai pola lubang gigi sebelum di tambal. Solusi nya hindari konsumsi minuman dingin secara berlebihan. Jika anda tetap sering minum minuman dingin maka daya tahan tambal gigi berlubang anda akan cepat habis jika lokasi nya pada bagian geraham maka dalam 6 bulan anda akan kembali ke dokter gigi.

Baca Juga Yang ini:

1. Berapa Harga Pasang Kawat Gigi Di Dokter ?

2. Cara Meredakan Nyeri Pada Gigi Secara Cepat

3. Cara Membersihkan Karang Gigi Dengan Obat Tradisional

4. 5 Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami Dengan Mudah

5. Cara Membersihkan Karang Gigi Yang Hitam

4. Makanan Panas
Makanan panas dan minuman dingin merupakan suatu kombinasi yang sangat nikmat dan sangat sering dilakukan oleh orang saat ini kita lihat sendiri saat ini banyak orang yang jika tidak ada air dingin maka tidak mau makan dan begitu juga sebalik nya jika makanan tidak panas maka katanya tidak enak sehingga setiap sajian makanan sering dimakan saat masih panas yang katanya lebih nikmat.

Padahal dengan mengkonsumsi makanan panas secara terus menerus mempercepat kerusakan pada lapisan gigi, bayangkan lapisan gigi saja bisa rusak akibat makanan dingin dan panas apalagi tambalan gigi anda yang hanya dibuat dari bahan bahan mengandung plastik dan sejenis nya yang sudah pasti akan lebih cepat habis dan tipis. Oleh sebab itu kurangi makan makanan panas dan biasakan makan makanan setelah dingin atau tidak terlalu panas.

Nah demikianlah informasi tentang Berapa Lama Tahan Tambal Gigi ? semoga artikel dan informasi ini bisa bermanfaat bagi pembaca semua dan bisa menjadi motivasi pembaca agar lebih memperhatikan hal hal kecil yang dapat mengakibatkan umur tambal gigi anda cepat habis.

terkait dengan :

  • menambal gigi
  • tambal gigi depan
  • cara menambal gigi
  • tambal
  • harga tambal gigi depan
  • proses penambalan gigi berlubang
  • nambal gigi
  • efek tambal gigi
  • penambalan gigi
  • tambal gigi geraham
Berapa Lama Tahan Tambal Gigi ? | sehatnya | 4.5

Leave a Reply